Pengertian dan Macam-macam ISO

Pengertian dan Macam-macam ISO

Pengertian ISO
Standar adalah kesepakatan-kesepakatan yang telah didokumentasikan yang di dalamnya terdiri antara lain tentang spesifikasi-spesifikasi tekhnis atau kriteria-kriteria yang akurat yang digunakan sebagai peraturan, petunjuk, atau definisi-definisi tertentu untuk menjamin suatu barang, produk, proses, atau jasa cocok bersama yang telah dinyatakan. Salah satu contohnya adalah penetapan standar ukuran dan format kartu kredit, atau kartu-kartu “pintar” (smart) lainnya yang telah ikuti standar internasional ISO dan dapat digunakan di beragam mesin anjungan tunai independent (ATM) di semua dunia, dan banyak contoh-contoh lainnya. Dengan demikian standar internasional telah mendukung kehidupan manusia jadi lebih mudah, serta lebih menaikkan keandalan dan fungsi barang dan jasa.

Nama ISO tips bijak memilih konsultan iso
istilah ISO bukan merupakan kependekan, tetapi merupakan nama dari organisasi internasional tersebut. “ISO” berasal dari Bahasa Latin (Greek) “isos” yang mempaunyai makna “sama” (equal). Awalan kata “iso-“ juga banyak dijumpai bila pada kata “isometric”, “isomer”, “isonomy”, dan sebagainya. Dari kata “sama” (equal) jadi “standar” inilah “ISO” dipilih sebagai nama organisasi yang gampang untuk dipahami. Kebutuhan Standar Internasional bersama ada standar-standar yang belum diharmonisasikan pada teknologi yang sama dari beberapa negara atau wilayah yang berbeda, kiranya dapat berakibat munculnya semacam “technical barriers to trade (TBT)” atau “hambatan tekhnis perdagangan”.

Industri-industri pengekspor telah lama merasakan perlunya persetujuan pada standar dunia yang dapat mendukung mengatasi hambatan-hambatan berikut di dalam proses perdagangan internasional. Dari munculnya masalah inilah awalnya organisasi ISO didirikan. Standardisasi internasional dibentuk untuk beragam teknologi yang mencakup beragam bidang, antara lain bidang Info dan telekomunikasi, tekstil, pengemasan, distribusi barang, pembangkit kekuatan dan pemanfaatannya, pembuatan kapal, perbankan dan jasa keuangan, dan masih banyak lagi. Hal ini bakal terus berkembang untuk keperluan beragam sektor kegiatan industri pada masa-masa yang bakal datang sertifikasi iso jakarta .

Perkembangan ini diperkirakan tambah pesat antara lain dikarenakan hal-hal sebagai berikut :

Kemajuan di dalam perdagangan bebas di semua dunia
Penetrasi teknologi antar sektor
Sistem komunikasi di semua dunia
Standar global untuk pengembangan teknologi
Pembangunan di negara-negara berkembang
Standardisasi industri adalah suatu kenyataan yang dibutuhkan di di dalam suatu sektor industri tertentu bila mayoritas barang dan jasa yang dihasilkan mesti mencukupi suatu standar yang telah dikenal. Standar layaknya ini mesti disusun dari kesepakatan-kesepakatan lewat konsensus dari semua pihak yang berperan di dalam sektor tersebut, khususnya dari pihak produsen, konsumen, dan seringkali juga pihak pemerintah. Mereka menyepakati beragam spesifikasi dan persyaratan untuk diaplikasikan secara berkelanjutan di dalam menentukan dan mengklasifikasikan barang, layanan produksi, dan persyaratan dari jasa yang ditawarkan.

Tujuan penyusunan standar adalah untuk memfasilitasi perdagangan, pertukaran, dan alih teknologi lewat : jasa pengurusan sertifikat halal mui

Peningkatan kualitas dan kesesuaian memproses pada tingkat harga yang layak
Peningkatan kesehatan, keamanan dan perlindungan lingkungan, dan pengurangan limbah
Kesesuaian dan keandalan inter-operasi yang lebih baik dari beragam komponen untuk membuahkan barang maupun jasa yang lebih baik
Penyederhanaan perancangan produk untuk peningkatan keandalan fungsi barang dan jasa
Peningkatan efisiensi distribusi produk dan kemudahan pemeliharaannya
Pengguna (konsumen) lebih yakin pada barang dan jasa yang telah beroleh jaminan cocok bersama standar internasional. Jaminan pada kesesuaian berikut dapat diperoleh baik dari pengakuan penghasil barang maupun lewat kontrol oleh lembaga independen.

Macam – macam ISO
ISO9001 = style system jaminan kualitas di dalam desain / pengembangan produksi, instalasi dan pelayanan. ISO 9001 merupakan proses manajemen kualitas dan merupakan persyaratan proses manajemen yang paling kondang di dunia. ISO 9001 telah mengalami beberapa kali revisi dan revisi yang paling akhir adalah ISO 9001:2008. Salah satu ciri penerapan ISO 9001 adalah diterapkannya pendekatan proses. Pendekatan proses ini bertujuan untuk menaikkan efektivitas proses manajemen mutu. Pendekatan ini mensyaratkan organisasi untuk melakukan identifikasi, penerapan, pengelolaan dan melakukan peningkatan berkesinambung.
ISO9002 = style system jaminan kualitas di dalam memproses dan instalasi.
ISO9003 = style system jaminan kualitas di dalam inspeksi dan pengujian akhir.
IS014001
Berbeda bersama standar ISO 9001 yang mengenai bersama proses manajemen mutu, maka ISO 14001 merupakan standar yang berisi persyaratan-persyaratan proses manajemen lingkungan. Konsep yang dipakai di dalam ISO 14001 pada prinsipnya sama bersama ISO 9001, yakni perbaikan berkelanjutan hanya di dalam ISO 14001 adalah di dalam mengelola lingkungan. Perusahaan yang menerapkan ISO 14001 mesti dapat melakukan identifikasi pada aspek dan dampak lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan atau operasi perusahaannya pada aspek lingkungan. Dalam perihal ini bukan hanya pengelolaan pada limbah atau polusi, tetapi juga juga upaya-upaya kreatif untuk menghemat pemanfaatan energi, air dan bahan bakar.

ISO22000
Perusahaan makanan atau minuman dituntut untuk perhatikan aspek kesehatan dan keselamatan pelanggannya, supaya mesti menaikkan pengendalian kontrol internalnya khususnya di dalam proses produksi.
ISO 22000 merupakan suatu standar yang berisi persyaratan proses manajemen keamanan pangan. Standar ini fokus pada pengendalian di dalam proses dan proses memproses produk makanan dan minuman. Setiap style produk baik makanan atau minuman mesti dibuatkan konsep proses dan pengendaliannya. Pada dasarnya ISO 22000 tidaklah berlainan jauh bersama ISO 9001, perihal yang membedakan terdapat di dalam klausul 7: perencanaan dan realisasi produk dan klausul 8: validasi, verifikasi dan perbaikan sistem.

 

ISO/IEC27001
Kemajuan di dalam dunia teknologi Info atau yang lebih dikenal bersama IT telah membawa perubahan yang terlampau besar di dalam dunia bisnis. Dimulai bersama ada penerapan internet di dalam dunia usaha bila website, email hingga pemanfaatan jejaring sosial lainnya. Perubahan ini menjadikan dikenal ada transaksi on-line, data-data dan Info di dalam wujud file computer dan sebagainya. Pada tahun 2005, The International Organization for Standardization menerbitkan standar yang kenal bersama ISO/IEC 27001. ISO/IEC 27001 merupakan standar proses manajemen keamanan Info atau dikenal juga bersama Information Security Management System (ISMS). ISO/IEC 27001 sekarang ini telah banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang banyak menggunakan aplikasi IT di dalam kegiatan bisnisnya.

ISO/TS16949
Upaya perusahaan otomotif di dalam memelihara kualitas produk salah satunya bersama menerapkan ISO/TS 16949. Pada dasarnya ISO/TS 16949 merupakan Technical Specification yang dikeluarkan oleh ISO sebagai proses manajemen kualitas untuk industri otomotif. Sebagaimana jenis-jenis standar yang dikeluarkan oleh The International Organization for Standardization, ISO/TS 16949 membawa konsep perbaikan berkesinambungan, pengendalian pada rantai pasok, tindakan perbaikan dan pencegahan.
ISO/IEC17025
ISO/IEC 17025 merupakan suatu standar yang berisi persyaratan untuk diterapkan oleh suatu lembaga pengujian atau laboratorium. Kata kunci yang dikendalikan di dalam standar ini adalah kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi. Keberadaan standar ini terlampau penting khususnya untuk meyakinkan validitas dan akurasi hasil pengujian yang mengenai di dalam bidang kesehatan, perdagangan, memproses hingga usaha perlindungan pelanggan. Laboratorium pengujian dan kalibrasi umumnya dituntut untuk menerapkan ISO/IEC 17025 di dalam kegiatannya hingga dilakukan proses akreditasi. Akreditasi ISO/IEC 17025 pada suatu laboratorium pengujian atau lembaga kalibrasi bakal menaikkan kepercayaan pelanggan pada hasil uji atau kalibrasi yang dikeluarkannya.
OHSAS18001
OHSAS 18001 diakomodasikan untuk pengendalian operasional proses yang aman bagi pekerja.OHSAS 18001 adalah suatu standard internasional untuk menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di tempat kerja/perusahaan. Banyak organisasi di beragam negara telah mengadopsi OHSAS 18001 untuk mendorong penerapan keselamatan dan kesehatan kerja bersama melakukan prosedur yang mengharuskan organisasi secara berkelanjutan mengidentifikasi dan mengendalikan efek bahaya pada keselamatan dan kesehatan di tempat kerja; serta memperbaiki kinerja dan citra perusahaan. OHSAS 18001 dipelajari di bidang ergonomi (teknik industri) khususnya pada kuliah K3 atau proses keselamatan kerja atau semacamnya.

ISO 28000
Aksi terorisme yang telah berlangsung beberapa tahun yang selanjutnya telah beri tambahan dampak pada proses bisnis. Sehingga dipandang mesti suatu proses manajemen keamanan yang dapat meyakinkan keamanan di dalam rantai pasokan (supply chain). ISO telah menerbitkan seri standar ISO 28000 yang berwujud persyaratan pada proses keamanan rantai pasokan. Standar ini diterapkan khususnya untuk perusahaan-perusahaan yang membawa ancaman efek keamanan relatif tinggi bila suatu layanan umum, bank, logistik, hotel, hingga kilang minyak atau layanan penting lainnya.

ISO50001
ISO 50001 adalah sebuah standar untuk proses manajemen energi. Standar berikut bertujuan mendukung organisasi di dalam membangun proses dan proses untuk menaikkan kinerja, efisiensi, dan konsumsi energi. Standar berikut berlaku bagi semua style dan ukuran organisasi. ISO 50001 dirancang untuk mendukung organisasi supaya lebih baik di dalam menggunakan aset energinya, untuk mengevaluasi dan memprioritaskan pemanfaatan teknologi irit energi, serta untuk mendorong efisiensi pada semua rantai suplai. ISO 50001 juga dirancang supaya dapat terintegrasi bersama standar manajemen lain, khususnya ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan) dan ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu).

ISO 17025:2008
ISO 17025 mengatur semua aspek tentang bagaimana laboratorium melakukan usaha mereka ( siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana, berapa banyak, & mengapa) pengukuran, pengujian, sertifikasi, merekomendasikan, & pelaporan. Sertifikat (konsultan) ISO 9001:2008 merupakan sertifikat yang berarti bahwa perusahaan telah dinilai dan hasilnya telah mencukupi persyaratan-persyaratan yang cocok bersama standar ISO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *