Fakta Tentang Mendapatkan Operasi Mata Laser

Seperti halnya operasi apa pun, operasi mata laser memiliki manfaat dan risiko. Saat mempertimbangkan operasi ini, penting untuk mendapatkan informasi tentang prosedur, efek samping, risiko, dan waktu pemulihan. Mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang operasi akan memungkinkan Anda membuat keputusan yang tepat.

Prosedur Bedah Mata Laser

Bahkan sebelum Anda dijadwalkan untuk operasi, Anda akan bertemu dengan ahli bedah untuk pemeriksaan lindungi mata dari radiasi mata yang komprehensif. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, dan juga akan memberi kesempatan kepada ahli bedah untuk menjelaskan prosedur dan mendiskusikan risiko serta kemungkinan komplikasi.

Operasi mata laser merupakan prosedur rawat jalan yang sering dilakukan di ruang praktik dokter. Awalnya, obat tetes mata yang mematikan akan ditempatkan di mata Anda untuk membuat permukaannya mati rasa. Kemudian flap kecil dibuat menjadi lapisan terluar bola mata. Selanjutnya, laser digunakan untuk mengangkat sedikit jaringan sehingga kornea dapat dibentuk kembali. Setelah pembentukan kembali selesai, flap dikembalikan ke posisi semula di atas kornea.

Waktu Pemulihan

Kebanyakan orang sembuh dari operasi mata laser dengan cukup cepat. Tak lama setelah operasi, Anda klinik mata jakarta mungkin melihat penglihatan kabur, dan mata Anda mungkin terasa kering dan gatal. Dokter Anda akan meresepkan obat tetes mata antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi, dan dalam beberapa hari, Anda akan melihat bahwa penglihatan Anda membaik.

Manfaat Bedah Mata Laser

Operasi mata laser dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. Sekitar 90 persen orang yang menjalani operasi mencapai hasil yang diinginkan. Nyeri sangat sedikit setelahnya, dan tidak membutuhkan perban atau jahitan. Bahkan bertahun-tahun setelah Anda menjalani operasi awal, Anda dapat menjalani operasi tambahan untuk peningkatan penglihatan lebih lanjut.

Risiko dan Efek Samping

Salah satu risiko terbesar menjalani operasi mata laser adalah bahwa setelah kornea dibentuk kembali, tidak dapat dibalik. Karena kerumitan mata dan pembedahan itu sendiri, beberapa individu mungkin mengalami komplikasi, termasuk kehilangan penglihatan terbaik yang dicapai melalui penggunaan kacamata atau lensa kontak sebelum operasi.

Kebanyakan orang mengalami beberapa efek samping operasi dalam waktu 24-48 jam setelah prosedur. Efek samping yang paling umum adalah mata kering, gatal, penglihatan kabur, dan beberapa tingkat ketidaknyamanan. Efek samping lain yang kurang umum termasuk silau, penurunan penglihatan pada malam hari, dan melihat lingkaran cahaya.

Meskipun operasi mata laser bisa bermanfaat, ada juga risiko yang harus Anda pertimbangkan. Diberitahu semua pilihan Anda, dan ajukan pertanyaan. Jangan biarkan pertanyaan atau kekhawatiran tidak terjawab; Anda harus memiliki informasi sebanyak mungkin untuk membuat keputusan yang tepat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *