7 Metode Beternak Bebek Petelur buat Pendatang baru, dari Modal hingga Panen

Metode beternak bebek petelur dapat jadi kesempatan yang menguntungkan. Ternak bebek mempunyai banyak keuntungan dalam segi bisnis. Tidak hanya permintaan daging bebek yang lumayan besar, telur bebek pula jadi komoditas peternak bebek yang menjanjikan.

Telur bebek yang kaya nutrisi banyak diminati di pasaran. Metode beternak bebek petelur pula dinilai lebih unggul dibandingkan dengan beternak ayam. Ini membuat banyak orang mau berupaya gimana metode beternak bebek petelur. Mengenali metode beternak bebek petelur dapat menolong peternak pendatang baru buat memperoleh hasil ternak yang optimal ahlihewan.com .

Metode beternak bebek petelur butuh disiapkan sebaik bisa jadi buat hasil yang menggembirakan. Metode beternak bebek petelur ini diawali dengan memastikan anggaran, mempersiapkan kandang, pemilihan bibit, perawatan, sampai pemanenan.

Berikut 7 metode beternak bebek petelur dirangkum Liputan6. com dari bermacam sumber, Minggu( 19/ 7/ 2020).

Metode beternak bebek petelur yang awal merupakan memastikan anggaran. Beternak bebek petelur pastinya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Kamu butuh mencatat anggaran buat bermacam kebutuhan mulai dari bibit, kandang, pakan, serta perawatan berkala.

Catat analisa modal dini. Modal dini ini meliputi pembelian bibit, pembuatan kandang, sewa lahan( bila bukan lahan kepunyaan sendiri) serta harga pakan. Sehabis mengenali jumlah modal dini yang diperlukan, Kamu dapat menyesuaikannya dengan anggaran yang dipunyai dikala itu. Modal dapat didapat dari duit individu ataupun pinjaman.

Sehabis memastikan modal dini, Kamu dapat menghitung bayaran perawatan serta keuntungan yang didapat sehabis telur bebek siap panen.

Sehabis memastikan modal, siapkan tempat buat beternak. Tempat ternak bebek wajib terletak di lahan yang kering, bersih, serta aman buat bebek. Tempat beternak pula wajib menemukan pencahayaan yang lumayan.

Yakinkan lahan lumayan luas serta jauh dari pemukiman masyarakat. Buat kandang yang layak buat tempat tinggal bebek. Sesuaikan lahan dengan jumlah bebek yang hendak di ternak. Umumnya, beternak bebek diawali dengan 100 ekor. Buat kandang bebek, idealnya mempunyai dimensi 1m2 buat 2 ekor bebek.

Terdapat 3 tipe kandang yang banyak digunakan buat ternak bebek. Kandang ini merupakan kandang panggung, kandang litter, serta kandang sistem baterai.

Kandang panggung berupa semacam panggung serta terletak di atas tanah. Ini membuat tempat tinggal bebek senantiasa kering serta bebas dari penyakit. Kandang litter terdiri dari pagar persegi, beserta ruang tertutup serta terbuka. Kandang ini diketahui selaku kandang yang lebih murah pembuatannya.

Sedangkan kandang baterai berupa mirip kandang panggung tetapi berupa bertingkat antara 3- 4 tingkatan. Bagian alasnya terbuat miring 30 derajat ke depan buat mempermudah menggelindingkan telur yang menetas.

Kamu dapat memilah tipe kandang cocok kebutuhan, lahan, serta modal yang dipunyai. Kandang bebek wajib senantiasa dalam keadaan kering. Bilik utama kendang wajib sedikit tertutup supaya bebek tidak hingga memandang fauna lain yang dapat membuat mereka risau.

Temperatur yang sempurna pada kandang bebek terdapat pada angka 35 sampai 40 derajat celsius. Kandang pula wajib mempunyai tempat makan serta minum yang bersih. Yakinkan bebek mempunyai lumayan ruang satu sama lain.

Baca Juga : Bebaskan Rumah Anda Dari Rayap

Metode beternak bebek petelur berikutnya merupakan pemilihan bibit. Bibit bebek petelur umumnya ada kala bebek masih kecil ataupun bebek yang telah siap bertelur. Biayanya juga bermacam- macam bergantung tipe serta kualitasnya.

Yakinkan buat memilah bebek yang sehat serta berasal dari bibit unggul. Dalam beternak bebek, bibit bebek pula diucap dengan Day Old Duck( DOD). Bibit ini dapat dibeli semenjak 1- 10 hari sehabis menetas. Karakteristik bebek yang sehat merupakan mempunyai bobot 38- 40 gr, gerakan lincah serta kasar, tidak terdapat kecacatan raga, paruh mengkilap, suara bagus, serta bulu halus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *